Lingkungan Gracia berbenah

Musim hujan sudah mencapai puncaknya di area Tangerang Selatan.  Semenjak Januari 2018,  hampir tiap hari daerah Tangerang Selatan dan Gracia Residence diguyur hujan baik lebat maupun sedang. Musim hujan yang sangat disyukuri karena segar dan bersihnya udara dan berkembangnya tanam-tanaman. Namun ada beberapa hal yang mesti diwaspadai ketika musim hujan ini mencapai puncaknya, diantaranya :

  • Jalanan di dalam perumahan yang mudah rusak akibat genangan air, meninggalkan lubang-lubang genangan yang bisa saja mencelakakan warga dan anak-anak yang melewatinya baik dengan bersepeda, atau jalan kaki.
  • Got selokan yang mampet akan terisi dengan air bersih dan tergenang dalam waktu lama. Tempat ini menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah yang sewaktu-waktu bisa menjangkiti warga dan anak-anak kita.
  • Hujan lebat dan angin kencang bisa saja menerbangkan sampah-sampah yang ada di sekeliling kita, begitu juga dengan sampah-sampah dari perkampungan sebelah Gracia Residence.
  • Mudah tumbuhnya  tanaman-tanaman liar di lahan-lahan kosong.

Bukan cuma hal diatas , tetapi ada beberapa potensi kerusakan lingkungan di perumahan Gracia Residence yang ditemukan oleh pengurus RT, warga, dan security. Melihat kondisi tersebut, maka tidak ada pilihan lain selaiN Gracia Residence harus berbenah !.. Pengurus RT dengan berkoordinasi bersama warga , security, dan pihak Graha Raya segera melakukan perbaikan lingkungan agar potensi kerusakan lingkungan dan potensi penyakit bisa dicegah.  Berikut hal-hal yang dilakukan oleh pengurus RT untuk merealisasikan hal tersebut :

  1. Menghimbau kepada seluruh warga untuk menjaga lingkungan, dan menginformasikan mengenai rencana pengurus RT untuk pemeliharaan lingkungan.  Himbauan dilakukan melalui group WA,  surat selebaran, dan web. 
  2.  Berkoordinasi dengan pihak Graha Raya dalam memperbaiki jalan-jalan yang berlubang.
  3. Pembelian tong sampah organik dan non organik.
  4. Pembelian tanda tempat berkumpul jika terjadi keadaan darurat.
  5. Perbaikan jalur selokan yang rusak dari kampung sebelah.
  6. Pengecatan kanstin (pembatas jalan dengan rumah/taman) untuk kerapihan dan ketertiban lingkungan.
  7. Melakukan pembersihan tanaman rumput dan tanaman liar di rumah-rumah dan lahan-lahan kosong.
  8. Melakukan pendekatan personal dan persuasif kepada warga-warga yang kurang peduli dengan lingkungan dan memfasilitasi/menindaklanjuti informasi kerusakan lingkungan dari warga.
  9. Menanamkan kepedulian kepada security akan pentingnya kebersihan dan membiasakan untuk selalu menjaga lingkungan.

 

Dengan perbaikan ini, mari kita tetap menjaga lingkungan Gracia Residence selalu Bersih, Asri, Lestari, dan Tertib. Salam K3 !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *