Refleksi Tahun 2018 Gracia Residence

Tahun 2018 telah berlalu, dan tahun 2019 sudah kita masuki.

Banyak orang yang membuat refleksi tahunan ,  apa yang baik, apa yang kurang, suka dan duka dalam 365 hari yang telah berlalu di tahun lalu.

Begitu pula dengan pengurus RT Gracia Residence. Setelah lebih setahun memikul tanggung jawab sosial di lingkungan Perumahan Gracia Residence, ada catatan terhadap apa saja yang terjadi di perumahan Gracia Residence selama tahun lalu.

Dengan 200 an rumah, sekitar 600 an warga,  10 orang satpam,  5 hektar area perumahan, 5 orang pengurus RT, 14 orang koordinator blok, beberapa komunitas warga (Musholla, Olahraga, Arisan, dan komunitas blok) dan beberapa event besar seperti temu warga, acara 17 Agustusan, Halal bi halal, pembangunan Aula Gracia, persiapan lomba K3, maka tentunya tahun lalu penuh dengan acara dan catatan yang melibatkan banyak pihak, memakan banyak waktu, suka dan duka pada tahun lalu.

Beberapa catatan tersebut adalah :

  • Dimulai dari Januari tahun 2018, gaji satpam dinaikkan setelah hampir 3 tahun tidak pernah naik. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan satpam yang ujungnya akan berefek kepada  keamanan perumahan. Attribut satpam seperti baju kerja, kaos , sepatu, handy talkie dan peralatan masak di pos juga dibeli baru.
  • Iuran keamanan warga dinaikkan dari 110.000 menjadi 125.000 untuk tetap menjaga cashflow yang aman bagi kas RT.
  • Untuk menjaga keadilan dan kesadaran warga untuk membayar iuran keamanan, pengurus RT menerapkan sanksi sosial bagi warga yang menunggak iuran keamanan selama 3 bulan atau lebih. Sanksi nya adalah dengan pemasangan plang “Rumah ini menunggak iuran keamanan selama 3 bulan atau lebih”. Pemasangan ini tentunya didahului dengan peringatan dan surat tertulis kepada penghuni rumah. Sosialisasi juga dilaksanakan dengan pemasangan spanduk di depan perumahan dan surat edaran warga. Beberapa warga sudah dipasang plang ini dan tidak lama dicabut karena warga yang membandel tersebut segera membayar tunggakan kewajibannya tersebut.

Bukan hanya catatan mengenai kegiatan internal perumahan saja yang kita catat. Ada beberapa komunikasi dengan pihak eksternal perumahan yang terjadi di tahun 2018, yaitu :

  • 2 izin penelitian kita keluarkan untuk mahasiswa yang menggunakan perumahan Gracia Residence sebagai objek penelitian. Satu untuk penelitian bidang Arsitektur dari Mercubuana, dan satu lagi untuk bidang Kriminal dari Universitas Indonesia
  • 1 izin survey juga kita keluarkan untuk sebuah LSM mengenai pandangan umum terhadap politik.
  • Sosialisasi dari KPU dan pihak RW mengenai proses coklit (pencocokan dan penelitian) terhadap warga Gracia Residence sebelum Pemilu 2019.
  • Sosialisasi dan komunikasi pihak kelurahan dan RT untuk survey dan pemutakhiran data PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).
  • Komunikasi dengan pihak Majalah Kicau Bintaro/Etalase Bintaro dalam peliputan acara perumahan, seperti gathering warga dan 17 Agustusan.
  • Komunikasi terkait keamanan dengan Bhabinkantibmas dan Babinsa. Beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan telah dilakukan juga, seperti pemasangan CCTV, himbauan keamanan via website, selebaran, WA Group. Partisipasi warga juga sangat membantu, beberapa ide datang dari warga yang langsung berhadapan dengan potensi keamanan.

Komunikasi diatas dilakukan agar hubungan dengan pihak luar tetap terjalin dan menjaga bahwa kita terbuka dengan pihak di luar perumahan.

Selain hal-hal diatas, tentunya pengurus RT tetap menjalankan fungsinya sebagai Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan , seperti :

  • Distribusi e-KTP dari kelurahan. dengan total 3 kali batch distribusi e-KTP dari kelurahan dengan total 33 e-KTP yang telah didistribusikan dari Kelurahan Pondok Kacang Barat melalui RT Gracia Residence selama tahun 2018.
  • Pelayanan masyarakat yang membutuhkan surat Pengantar RT untuk berbagai keperluan. Tercatat 45 surat pengantar dan surat keluar yg dikeluarkan oleh pengurus RT.
  • Menghadiri undangan dari kelurahan ketika ada pergantian pejabat kelurahan dsb.
  • Menindaklanjuti keluhan/aspirasi warga seperti pemanggilan pawang ular, permintaan pemotongan pohon , pengaduan bangunan liar yang menempel ke tembok perumahan, dll. PIC blok sangat membantu dalam hal ini dan sangat diapresiasi.
  • Penertiban administrasi terutama dari sisi proses pembuatan surat pengantar. IT kita manfaatkan untuk membuat proses pelayanan lebih cepat dengan e-submission untuk surat pengantar, keluhan warga, dan informasi warga.

Hidup terkadang membosankan kalau tidak diisi dengan hal- hal baru .

Oleh karena itu beberapa inovasi telah dilakukan pengurus RT agar tetap menjaga keharmonisan dan saling peduli antara warga, seperti :

  • Pemberian souvenir gelas mug  cantik bagi warga baru atau warga yang baru melahirkan. Tercatat ada 10 warga baru dan 11 anak lahir yang diberi souvenir di Gracia Residence pada tahun 2018.
  • Penataan tempat bermain anak di blok belakang dengan menambah alat bermain anak agar bisa dimanfaatkan bagi aktivitas warga bersama.
  • Pembangunan aula Gracia Residence di samping Musholla Jannatul Ma’waa sebagai tempat acara bersama warga. Pembangunannya bekerjasama dengan DKM Musholla dengan dana dari sumbangan berbagai banyak pihak termasuk dari warga sendiri. Aula ini pun sudah digunakan untuk sholat tarawih puasa tahun 2018 dan untuk acara 17 Agustusan.
  • Pembuatan plang-plang berisi kata-kata motivasi di beberapa titik sepanjang jalan di dalam perumahan.

Saling melengkapi, berkontribusi aktif, bantu membantu, dan saling percaya adalah koenjtie bagi keakraban dan keguyuban warga. Kepentingan warga adalah tujuan bersama seluruh pengurus RT, PIC blok, Satpam, Emak-emak Gracia, dan seluruh warga Gracia.

Tidak lupa juga untuk menjaga ketertiban, kebersihan, dan keasrian lingkungan, pengurus RT melakukan beberapa hal berikut :

  • Inspeksi K3 di seluruh blok Gracia Residence pada akhir Januari 2018, dimana dari inspeksi tersebut pengurus menemukan beberapa hal, diantaranya banyak lubang di jalan Gracia Residence, masih kurangnya kesadaran dan kepedulian dalam pemakaian ruang terbuka hijau, selokan yang tersumbat, dan juga genangan air yang berpotensi mengundang bibit penyakit.
  • Pengurus RT menindaklanjuti hasil inspeksi K3 ke semua pihak yang berkaitan , baik ke pihak Graha Raya, warga, dan security.
  • Penyemprotan fogging di area perumahan untuk mencegah penyebaran penyakit deman berdarah.
  • Pemangkasan pohon-pohon tinggi di dalam komplek yang berpotensi patah atau roboh karena terjangan angin.
  • Pembelian tong sampah organik dan non organik , pemasangan plang tempat berkumpul
  • Pengecatan cansteen (pembatas bidang tanah rumah warga dengan jalan) agar terlihat lebih rapi dan baru.

Pengurus sangat terbuka untuk usulan positif untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada warga dan ide-ide segar untuk keindahan lingkungan Gracia Residence.

Alhamdulillah , perumahan Gracia Residence mendapatkan apresiasi dari pihak Graha Raya, dengan menjadi juara 2 Lomba K3 di tahun 2018, dan mendapatkan suntikan dana segar ke kas RT. Semoga ini menjadi motivasi semua warga Gracia Residence untuk tetap menjaga lingkungan dengan baik.

Catatan penting dari refleksi di atas adalah semua hal diatas bisa terlaksana baik atas kerjasama semua pihak, warga, ibu-ibu, security,  pengurus RT , PIC blok.

Kabar duka juga terjadi pada tahun 2018. Ada 2 warga yg meninggal dunia di tahun 2018. Pengurus turut berbela sungkawa atas peristiwa tsb.

Tentunya semua refleksi diatas diniatkan untuk memberikan gambaran mengenai aktivitas warga dan pengurus di tahun lalu. Dengan harapan adanya tambahan ide/usul dan terutama partisipasi warga dalam kegiatan perumahan yang kita cintai ini. Semua hal diatas dimaksudkan untuk kemaslahatan warga Gracia bersama, kekompakan dan keguyuban , saling peduli sesama warga dengan tetap menjaga lingkungan yang asri dan lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *